Pengobatan pada Abses Gusi

 

Abses mungkin bukan kata yang sering kita dengar. Apa itu abses? Dilansir dari halodoc.com abses adalah kumpulan nanah. Sedangkan dilansir dari sehatq.com abses adalah sebuah benjolan yang dapat terbentuk di berbagai area di tubuh. Menurut alodokter.com abses gigi adalah terbentuknya kantung atau benjolan berisi nanah yang ada pada gigi atau gusi. Ini disebabkan oleh infeksi bakteri. Abses gusi merupakan salah satu dari tiga tipe abses gigi. Ini adalah kondisi di mana terdapat benjolan yang terbentuk pada gusi. Biasanya benjolan ini berisi nanah dan dapat menimbulkan rasa nyeri. Ini tentu akan sangat mengganggu kamu dalam beraktivitas, apalagi ketika melakukan aktivitas yang berkaitan dengan mulut seperti makan dan minum serta berbicara. Tentunya kamu tidak ingin penyakit ini terjadi padamu, kan? Kamu harus mencari tahu cara mengobati abses gusi agar tidak menderita penyakit ini. Namun, sebelum kamu mengetahui cara mengobati abses gusi, kamu harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dan gejala dari penyakit ini.

READ  Gigi bungsu tumbuh. Berikut penjelasannya.

Menurut alodokter.com nanah pada gusi erat kaitannya dengan kondisi abses gigi dan dapat diawali oleh penyakit periodontal. Penyakit ini tidak dapat smebuh dengan sendirinya sehingga membutuhkan penanganan medis untuk menghilangkannya. Abses biasanya disebabkan oleh adanya infeksi bakteri dan menimbulkan rasa sakit berdenyut. Penyebab lainnya adalah kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik dan kurangnya perawatan pada gigi. Infeksi bakteri dapat terjadi pada gusi, akar gigi dan tulang pendukung gigi. Penyakit gusi dapat menyebabkan gusi menjadi sedikit terlepas dari gigi sehingga terbentuk kantong yang bisa dipenuhi oleh bakteri dan berkembang membentuk abses. Menurut hellosehat.com bakteri yang hidup di plak bisa mengindeksi gusi sehingga menyebabkan penyakit periodontitis. Ini akan menyebabkan gusi meradang hingga ligamen gusi akan terlepas dari pangkal gigi.

READ  Lakukan beberapa hal berikut ini yang dapat mencegah terjadinya gigi berlubang pada diri kita

Apa saja gejalanya? Menurut hellosehat.com gejala utama abses gigi adalah rasa nyeri berdenyut di mulut yang mungkin sangat menyakitkan. Gejala khas abses gusi lainnya adalah nyeri di area yang ditumbuhi abses terutama ketika menggigit atau disentuh, gusi jadi membengkak, ekerahan dan terasa lunak, bau mulut yang tidak sedap, rasa anyir di mulut, susah menelan dan mengalami bengkak pada wajah, pipi atau leher.

Lalu bagaimana dengan cara mengobati abses gusi ini? Jika rasa sakit tidak tertahankan, kamu dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dapat dibeli secara bebas seperti paracetamol. Sebagian orang membutuhkan obat pereda nyeri yang lebih kuat dan hanya dapat diperoleh dengan resep dokter. Nanah pada gusi dapat diobati dengan cara menguras nanah dari gusi hingga kering dengan cara menusuk abses atau membuat lubang kecil pada gigi agar nanah dapat mengalir keluar. Dokter juga berkemungkinan untuk memberikan obat antibiotik oral yang harus dikonsumsi selama beberapa hari untuk mengatasi infeksi secara menyeluruh.

READ  Kenali apa itu gigi gingsul

Itulah hal-hal yang dapat kamu ketahui tentang cara mengobati abses gusi. Penyakit ini akan sangat mengganggu dan tentunya harus segera di atas. Kenali gejalanya dengan baik agar kamu dapat melakukan pengobatan sedini mungkin. Jangan biarkan penyakit ini berkembang cukup lama pada mulutmu karena akan menyebabkan komplikasi yang akan membahayakanmu dan memberikan dampak buruk bagi tubuhmu. Konsultasikan penyakitmu pada dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mulut. Kamu dapat rutin menyikat gigi seperti sebelum tidur, mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali dan rutin untuk mengontrol kebersihan gigi pada dokter gigi seperti enam sampai dua belas bulan sekali.

Sumber: hellosehat.com