Mengenal Penyakit Abses Gusi

 

Pernahkah kamu mendengar tentang abses gusi sebelumnya? Apa itu? Menurut sehatq.com abses adalah sebuah benjolan yang dapat terbentuk di berbagai area di tubuh. Abses gusi adalah benjolan yang terbentuk pada gusi. Biasanya benjolan ini berisi nanah dan dapat menimbulkan rasa nyeri. Menurut alodokter.com abses gusi adalah terbentuknya kantung atau benjolan berisi nanah yang ada pada gigi atau gusi. Ini disebabkan oleh infeksi bakteri. Abses pada gusi juga dapat menimbulkan komplikasi yang serius jika tidak segera mendapatkan penanganan yang baik. Abses gusi adalah penyakit gigi yang gawat dan penyakit mulut yang paling sering dikeluhkan setelah pulpitis atau infeksi saraf gigi dan infeksi akibat gigi bungsu yang tumbuh miring. Sebenarnya terdapat beberapa tipe pada abses gigi, seperti abses periapikal atau abses yang muncul pada ujung akar gigi, abses periodontal atau abses yang muncul pada gusi di sebelah akar gigi dan bisa menyebar ke jaringan tulang dan sekitarnya, dan yang terakhir adalah abses gingiva, yaitu abses yang muncul pada gusi.

READ  Apakah gigi gingsul perlu dihilangkan ?

Gejala apa saja yang akan muncul? Gejala abses gusi adalah rasa nyeri yang terjadi secara terus menerus. Gejala lain yang dapat muncul seperti timbul pembengkakan, gigi goyang, muncul rasa nyeri saat mengunyah, muncul rasa sensitif terhadap makanan maupun minuman panas atau dingin, demam dan gusi berubah warna menjadi lebih merah. Selain itu, penderita juga dapat mengalami gejala seperti sakit gigi yang menyebar ke telinga, rahang dan leher, bau mulut, pembengkakan kelenjar getah bening di leher atau bawah rahang dan sesak napas.

Apa yang menyebabkannya terjadi? Abses gusi dapat muncul ketika bakteri yang ada di dalam rongga mulut masuk ke celah antara gigi dan gusi. Celah ini terjadi akibat dari sisa makanan yang menyangkut dan tidak dibersihkan dengan baik. Celah ini akan semakin dalam apabila kebersihan mulut tidak dijaga dengan baik. Penyebab ini harus segera ditangani agar abses tidak berkembang lebih parah dan mengakibatkan masalah pada jaringan penyangga gigi. Parahnya, abses gusi ini menyebabkan terjadi kerusakan tulang penyangga gigi dan menyebabkan gigi menjadi goyang. Penyebab lainnya adalah sistem kekebalan tubuh atau imun yang rendah. Ini juga dapat menyebabkan abses karena ketidakmampuan tubuh dalam melawan infeksi.

READ  Ketahui beberapa hal yang dapat menjadi tips mencegah gigi berlubang

Bagaimana dengan pengobatannya? Untuk menghilangkan infeksi dan nanah, dokter gigi akan merekomendasikan beberapa tindakan seperti pemberian obat antibiotik yang diperlukan ketika infeksi sudah menyebar, pengeluaran nanah dengan membuat sayatan kecil pada benjolan abses dan mengeluarkan nanah, melakukan perawatan saluran akar gigi dan terakhir adalah pencabutan gigi. Jika gigi yang terkena abses tidak dapat diselamatkan, dokter akan melakukan pencabutan pada gigi tersebut. Setelah itu, nanah akan dikeluarkan untuk menghilangkan infeksi.

Jangan pernah menganggap remeh penyakit ini karena dapat menimbulkan beberapa komplikasi seperti kista gigi, sinusitis, ostoemielitis atau infeksi tulang, angina ludwig atau infeksi langka pada dasar muluat dan sepsis atau reaksi sistem imun yang mematikan akibat infeksi yang menyebar ke seluruh tubuh.

READ  Gigi bungsu tumbuh. Berikut penjelasannya.

Tentunya ini adalah penyakit yang cukup serius yang patut dihindari. Penderita penyakit ini memerlukan penanganan yang tepat. Oleh karena itu kamu perlu untuk tahu bagaimana cara mencegah penyakit ini agar tidak terjadi padamu. Cara paling penting adalah dengan mencegah kerusakan gigi. Kamu dapat menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride secara teratur. Kamu juga harus memperhatikan kebersihan sikat gigimu dengan menggantinya secara rutin setiap tiga bulan sekali. kurangi mengonsumsi makana dan minuman yang mengandung gula dan tepung, terutama di antara waktu makan malam atau sebelum tidur. Kamu juga harus rutin memeriksa kesehatan gigi ke dokter setiap enam sampai dua belas bulan sekali.

Itulah hal-hal yang dapat kamu ketahui tentang penyakit ini. Abses gusi adalah penyakit yang cukup serius dan butuh penanganan dokter untuk mengatasinya.

 

Sumber: alodokter.com