Lakukan beberapa hal berikut ini yang dapat mencegah terjadinya gigi berlubang pada diri kita

“dilansir dari laman Alodokter” Gigi merupakan salah satu organ yang paling penting terhadap tubuh manusia yang berfungsi untuk memotong dan menghancurkan makanan, sehingga mudah ditelan dengan baik. Tentunya kita sudah mengetahui sendiri jika gigi tersebut berlubang maka dapat mengganggu kenikmatan pada saat makan. Oleh karenanya, diperlukan untuk melakukan beberapa langkah perawatan gigi rutin untuk mencegah gigi berlubang terjadi. berikut ini diantaranya:

  • Bersihkan gigi dengan berkumur

Selain menyikat gigi, berkumurlah menggunakan cairan pembersih mulut. Berkumur cukup ampuh untuk menghilangkan plak dan bakteri dari dalam mulut. Berkumur tidak kalah pentingnya dengan menyikat gigi. Plak menghasilkan asam penyebab gigi berlubang, yang jika dibiarkan dapat juga mengganggu gusi. Akhirnya, tidak hanya gigi yang bermasalah, tapi juga gusi Anda. Dengan berkumur, bagian mulut yang tidak tercapai oleh sikat gigi dapat dibersihkan.

  • Hindari makanan penyebab gigi berlubang

Melakukan beberapa langkah perawatan gigi di atas tidak cukup jika Anda tidak menghindari makanan penyebab gigi berlubang. Misalnya makanan manis dan makanan yang dapat menempel di celah gigi Anda (misalnya permen, kue, coklat, dan keripik). Ketika Anda mengosumsi makanan atau minuman manis, bakteri di dalam mulut akan memproduksi asam yang dapat merusak lapisan enamel gigi Anda. Selain menghindari makanan pemicu gigi berlubang, konsumsilah makanan yang baik untuk kesehatan gigi, seperti sayuran, buah, susu, keju, dan air putih. Anda juga bisa mengganti permen kesukaan Anda dengan permen karet yang dapat membantu membersihkan sisa partikel makanan dari dalam mulut.

  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride
READ  Mengenal Penyakit Abses Gusi

Gigi Anda memerlukan perlindungan di bagian enamel gigi. Enamel sendiri merupakan lapisan terluar gigi. Fluoride akan melindungi gigi Anda dari senyawa asam yang dapat menyebabkan kerusakan gigi, dengan mencegah bakteri pada plak memproduksi zat asam. Fluoride juga bisa membantu memperbaiki lapisan enamel sehingga memperkokoh perlindungan gigi. Namun untuk anak-anak, disarankan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi, untuk mengetahui batas aman penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride pada anak. Karena jika berlebihan, fluoride juga tidak baik untuk kesehatan gigi anak tersebut.

  • Sikat gigi setelah makan

Mungkin Anda sering mendengar bahwa menyikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yaitu saat bangun tidur dan sebelum tidur. Namun sebenarnya, untuk mencegah gigi berlubang, disarankan menyikat gigi setidaknya setiap kali selesai makan, dan jangan lupa untuk membersihkan gigi dengan benang gigi. Akan tetapi, bila Anda tidak bisa menyikat gigi setiap setelah makan, setidaknya berkumurlah dengan air untuk menghilangkan sisa makanan di mulut.

  • Periksakan kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter
READ  Apakah gigi gingsul perlu dihilangkan ?

Melakukan pemeriksaan gigi rutin bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah gigi berlubang dan merupakan langkah perawatan gigi yang baik. Dengan pemeriksaan gigi rutin, gangguan pada gigi dapat terdeteksi lebih awal sehingga lebih mudah ditangani. Jika pada pemeriksaan didapati bahwa gigi rentan berlubang, dokter akan memberikan perlindungan lebih kepada gigi berupa sealant. Sealant adalah jaket pelindung gigi yang berfungsi melindungi enamel gigi dari zat asam dan plak yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

“dilansir dari laman Hellosehat” bahwa gigi berlubang menjadi masalah pada gigi yang paling umum ditemui di Indonesia. Seperti diungkapkan oleh drg. Sri Angky Soekanto, DDS, PhD., praktisi kesehatan gigi dan pakar biologi oral Universitas Indonesia, penderita gigi berlubang ini sangat tinggi di Indonesia. Penyebabnya adalah kesadaran penduduk Indonesia akan kesehatan gigi masih sangat minim. Itu juga yang mendasari adanya program-program edukasi kebersihan mulut ke sekolah-sekolah, sebab membangun kebiasaan memang harus dilakukan dari kecil. Ketika kesadaran ini tidak ditumbuhkan, maka risiko terkena gigi berlubang pun akan bertambah. Anda bisa pergi ke dokter gigi, dokter akan melakukan pengecekan sehingga dapat menegah gigi berlubang agar tidak semakin memburuk, sehingga dapat melakukan tindakan yang tepat untuk menangani gigi berlubang. Anda tentu pernah mendengar menambal gigi, bukan? Prosedur yang dilakukan adalah dengan mengebor gigi yang berlubang, lalu diisi dengan bahan-bahan aman untuk menambal gigi – seperti campuran perak, emas. Tapi, jika gigi sudah senut-senut namun Anda belum bisa langsung ke dokter, ada beberapa cara mengatasi rasa sakitnya dengan beberapa pengobatan alami di rumah. Perlu kita ketahui masalah tersebut dapat disebabkan oleh asam yang diproduksi oleh bakteri yang memakan gula dari makanan yang kita makan. Asam tersebut ternyata dapat merusak gigi. Jika tidak dengan cepat ditangani dengan benar, gigi berlubang dapat menyebabkan infeksi, bahkan gigi berlubang dikaitkan dengan beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Lalu, bagaimana solusinya?

READ  Pengobatan pada Abses Gusi

Sumber: Alodokter.com