Ketahui beberapa hal yang dapat menjadi tips mencegah gigi berlubang

Gigi berlubang memang sudah sering kali ditemukan menjadi sebuah masalah pada gigi yang paling khususnya di Indonesia. drg. Sri Angky Soekanto, DDS, PhD., praktisi kesehatan gigi dan pakar biologi oral Universitas Indonesia pernah mengungkapkan, penderita gigi berlubang ini sangat tinggi di Indonesia. Penyebabnya adalah kesadaran penduduk Indonesia akan kesehatan gigi yang masih sangat minim. Itu juga yang mendasari adanya program-program edukasi kebersihan mulut ke sekolah-sekolah, sebab membangun kebiasaan memang harus dilakukan dari kecil. Ketika kesadaran ini tidak ditumbuhkan, maka risiko terkena gigi berlubang pun akan bertambah. Sehingga sangat penting sekali bagi kita untuk mencegah gigi berlubang sejak dini. Gigi berlubang tersebut disebabkan oleh asam yang diproduksi bakteri yang memakan gula dari makanan yang kita makan. Asam ini dapat merusak gigi. Jika tidak ditangani dengan benar, gigi berlubang dapat menyebabkan infeksi, bahkan gigi berlubang dikaitkan dengan beberapa penyakit yang berakibat fatal seperti  penyakit jantung. Ada beberapa cara mengatasi atau mecegah gigi berlubang secara alami, misalnya:

  • Kunyit

Kunyit mengandung vitamin C yang bersifat antibakteri dan antiperadangan. Manfaat yang bisa Anda peroleh berupa kesehatan gusi dan mencegah gigi berlubang dari infeksi bakteri. Cara mengaplikasikannya dengan menghancurkan kunyit menjadi bubuk, atau Anda bisa mencari bubuk kunyit di toko. Biarkan selama beberapa menit, lalu berkumur dengan air hangat. Cara lainnya, campurkan ½ bubuk kunyit dengan sedikit minyak mustard, lalu oleskan sambil memijat gigi dan gusi. Biarkan selama 10 menit, kemudian ludahkan campuran tersebut.

  • Cengkeh
READ  Berikut yang menjadi alasan mengapa gigi bungsu terasa sakit.

Bersifat antiperadangan, analgesik, dan antibakteri membuat cengkeh menjadi salah satu bahan yang penting untuk mengatasi masalah gigi. Tak hanya itu, cengkeh juga mampu mengurangi rasa sakit dan mencegah gigi berlubang tersebar.

  • Oil pulling

Oil pulling merupakan teknik berkumur dengan minyak. Pengobatan Ayuverdic – berasal dari budaya India – ini telah digunakan berabad lalu. Manfaat yang ditawarkan berupa oral detoksifikasi. Anda bisa menggunakan minyak kelapa, minyak biji wijen, atau minyak zaitun.

  • Garam

Kita  bisa menggunakan air garam sebagai obat kumur untuk mengurangi peradangan serta nyeri, mengatasi infeksi, serta mencegah perkembangan bakteri di mulut. Dengan cara larutkan 1 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Kumur larutan tersebut hingga menyapu semua bagian mulut Anda selama satu menit. Selain itu, fokuskan berkumur pada area yang terdapat gigi berlubang. Anda bisa melakukan pengobatan ini 3 kali sehari sampai gejala mereda (jika disertai nyeri gigi).

  • Bawang putih
READ  Apakah gigi gingsul perlu dihilangkan ?

Bawang putih dapat berfungsi sebagai antibakteri dan sangat direkomendasikan untuk mengatasi dan mencegah gigi berlubang. Selain itu, bawang putih juga dapat mengurangi rasa nyeri yang muncul akibat gigi berlubang dan membuat gusi serta gigi menjadi lebih sehat.

  • Licorice (akar manis)

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada American Chemical Society’s Journal of Natural Products, licorice alias akar manis dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan gigi. Terdapat senyawa licoricidin dan licorisoflavan A, yang merupakan antibakteri, berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.[1]

“dilansir dari laman Alodokter.com” Gejala yang muncul pada tiap orang dapat berbeda tergantung dari kondisi pada sipenderita, tingkat keparahan dan lokasi lubang pada gigi tersebut. ketika lubang masih berukuran kecil dan baru terbentuk, gejala yang akan timbul tidak akan disadari. Namun, ketika kondisi sudah semakin memburuk, gejala yang akan timbul dapat diketahui. Diantaranya adalah:

  • Sakit gigi, terutama saat mengigit atau ketika gigi ditekan.
  • Gigi menjadi sensitif.
  • Nyeri saat mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, dingin atau panas.
  • Terdapat lubang yang terlihat jelas pada gigi.
  • Nyeri pada gigi yang terjadi secara spontan tanpa penyebab yang jelas.
  • Terdapat bagian gigi yang berubah warna menjadi putih, cokelat, atau hitam.
READ  Lakukan beberapa hal berikut ini yang dapat mencegah terjadinya gigi berlubang pada diri kita

Dalam permasalahan ini ada beberapa hal yang dapat mencegah gigi berlubang itu terjadi adalah:

  • Menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Membersihkan gigi dengan benang gigi setidaknya satu kali sehari.
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang manis atau asam, seperti permen atau minuman ringan.
  • Mengurangi kebiasaan ngemil.
  • Jika gigi berlubang disebabkan kondisi kesehatan, seperti penyakit refluks asam lambung atau mulut kering, konsultasikan dengan dokter terkait cara mengatasinya.
  • Berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat, suplemen, atau produk herba apa pun.

Sumber: Hellosehat.com

[1] Sumber referensi Hellosehat.com