Ini, Lho, 6 Alasan Kenapa Anda Harus Melalukan Pemeriksaan Gigi Setiap 6 Bulan Sekali!

 

 

Gigi adalah salah satu bagian yang paling sensitif. Banyak masyarakat di Indonesia yang mengalami masalah gigi. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan gigi secara teratur agar gigi sehat dan berseri.

Dilansir dari halaman hellosehat, masalah gigi sering dan banyak dialami oleh wanita. Ada beberapa yang menjadi penyebab wanita lebih sering mengalami dibandingkan pria. Berikut ulasannya!

  1.  Menstruasi

Ketika memasuki awal menstruasi, hormon progesteron akan meningkat sehingga mengakibatkan gigi dan gusi menjadi lebih sensitif. Akibatnya gusi menjadi bengkak dan berdarah, seriawan, sakit gigi, bahkan adanya pembengkakan pada kelenjar liur.

Menstruasi terjadi setiap bulan pada wanita, maka akan lebih sering pula mengalami masalah gigi dan gusi. Oleh sebab itu, wanita perlu lebih cermat menjaga kebersihan mulut dan gigi agar terbebas dari rasa sakit.

  1. Masa Pubertas

Di beberapa kasus, banyak wanita yang mengalami masalah gigi ketika sedang masa pubertas. Hal ini terjadi karena hormon estrogen dan progesteron meningkatkan aliran darah menuju area gusi sehingga memicu reaksi berlebih di antara gusi dan kuman. Akibatnya gusi menjadi bengkak, nyeri, kemerahan, dan berdarah.

  1. Kehamilan
READ  Kenali apa itu gigi gingsul

Kehamilan menjadi salah satu penyebab wanita sering mengalami sakit gigi. Hal ini terjadi karena ketika hamil, banyak hormon yang ada di dalam tubuh meningkat secara drastis, salah satunya progesteron. Meningkatnya hormon tersebut membuat tubuh rentan terkena bakteri sehingga mempermudah pembentukan plak. Selain itu mengakibatkan gusi mengalami infeksi.

  1. Menopause

Menopause juga menjadi salah satu pemicu wanita sering mengalami masalah gigi, seperti mulut kering, gigi sensitif, dan rasa sensasi terbakar pada mulut. Jika mulut kering maka bakteri akan bertahan sehingga membuat gigi membusuk dan berlubang.

Untuk itu perlu jagalah kebersihan mulut dan gigi dengan cara menyikat gigi minimal dua kali sehari. Anda juga bisa menggunakan benang gigi untuk membersihkan celah gigi dan area yang tidak terjangkau.

READ  Gigi bungsu tumbuh. Berikut penjelasannya.

Lalu, apa saja alasan kenapa Anda harus melakukan pemeriksaan gigi menurut halaman klikdokter? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

  1. Menjaga Gigi Agar Selalu Putih dan Bersih

Alasan pertama Anda harus melakukan pemeriksaan gigi secara rutin adalah agar gigi tetap putih dan bersih. Saat melakukan pemeriksaan gigi, dokter akan melakukan pembersihan karang gigi dan noda kuning pada gigi. Hasilnya, gigi Anda terlihat sehat, putih, dan berseri.

  1. Mencegah Gigi Ompong

Sebuah penelitian mengatakan bahwa sekitar 47% orang dewasa yang berumur di atas 30 tahun dan sekitar 70% orang dewasa di atas 65 tahun akan mengalami penyakit periodontal. Dengan adanya pemeriksaan gigi selama 6 bulan sekali, terjadinya penyakit ini bisa diturunkan risikonya sehingga secara tidak langsung, Anda akan terhindar dari gigi ompong.

  1. Mencegah Serangan Jantung
READ  Apakah gigi gingsul perlu dihilangkan ?

Menurut sebuah penelitian, sebanyak 33%, wanita akan mengalami penurunan risiko serangan jantung jika rutin melalukan pemeriksaan gigi.

  1. Terhindar Dari Bau Mulut

Alasan lainnya kenapa Anda harus melakukan pemeriksaan gigi agar terbebas dari bau mulut. Dengan melakukan pemeriksaan gigi, dokter akan memberantas bakteri atau kuman penyebab bau mulut.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Anda bisa menurunkan risiko kanker dengan cara melakukan pemeriksaan gigi secara rutin. Dokter akan memerhatikan setiap gejala yang akan mengarah ke kanker mulut.

  1. Tidur Menjadi Nyenyak

Sering kali saat sedang tidur, tanpa sadar seseorang menggertakkan gigi di mana bisa menyebabkan napas berhenti dalam waktu singkat. Namun, hal ini bisa dicegah dengan cara melalukan pemeriksaan gigi secara rutin.

Nah, itulah 6 alasan kenapa Anda harus melakukan pemeriksaan gigi secara rutin. Masih ragu?

 

Sumber: Alodokter.com