Gigi bungsu tumbuh. Berikut penjelasannya.

rasa sakit ketika gigi bungsu tumbuh, pada umumnya dokter menyarankan untuk segera dicabut. Sebelum semuanya dapat memburuk. Dokter gigi atau ahli bedah gigi akan membuka jaringan gusi di atas gigi bungsu jika diperlukan dan mencabut gigi bermasalah tersebut. Kadang, gigi akan terlebih dulu dipotong potongan-potongan kecil untuk lebih memudahkan pencabutan. Setelah gigi dicabut, Anda mungkin perlu jahitan. Jika terdapat infeksi pada diri kita, kemungkinan besar harus menunggu beberapa hari sampai infeksinya dapat dikatakan hilang sebelum gigi bungsu tersebut dicabut. Sementara menunggu jadwal cabut gigi, berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk sementara.

  • Obat kumur

Obat kumur antibakteri yang mengandung chlorhexidine juga dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan gusi.

  • Obat penghilang nyeri

Tablet pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen dapat sementara menghilangkan rasa sakit gigi bungsu. Bicarakan dengan dokter gigi Anda jika rasa sakitnya tak kunjung hilang. Dokter gigi dapat meresepkan antibiotik untuk membantu mempercepat penyembuhan infeksi.

  • Kompres es
READ  Kenali apa itu gigi gingsul

Tempelkan kopres es di pipi tempat gigi bungsu tumbuh selama 15-20 menit. Ulangi beberapa kali jika diperukan. Jangan gunakan kompres panas. Ingat, semua solusi di atas hanya merupakan bala bantuan sementara. Jika masalah terus datang, konsultasikan dengan dokter untuk menjadwalkan cabut gigi bungsu.

  • Kumur air garam

Berkumur dengan air garam hangat adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk menyingkirkan sakit gigi bungsu. Cukup larutkan setengah sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Kumur mulut selama beberapa menit, dan Anda akan menemukan sedikit kelegaan. Ulangi beberapa kali sehari jika diperlukan.[1]

 

“dilansir dari laman Halodoc” Gigi bungsu merupakan gigi geraham ketiga atau terakhir yang didapatkan kebanyakan orang pada usia belasan atau awal dua puluhan. Kadang-kadang, gigi tersebut dapat menjadi aset berharga bagi mulut ketika sehat dan bentuknya sempurna. Namun jika bentuknya tidak selaras, gigi bungsu biasanya perlu dicabut karena menimbulkan rasa nyeri luar biasa. Ketika gigi bungsu tidak sejajar, posisinya dapat berupa horizontal, miring ke dalam atau keluar, atau menjauhi gigi geraham kedua. Gigi bungsu yang bentuknya tidak selaras tersebut dapat menimbulkan terjadinya plak yang berasal dari bakteri atau bahkan sisa makanan yang terselip di sisinya. Kondisi ini memungkinkan celah bagi bakteri untuk dapat masuk di sekitar gigi dan bahkan dapatmenyebabkan infeksi sehingga timbul rasa sakit, bengkak, kekakuan rahang, dan penyakit lainnya. Gigi yang tidak selaras juga rentan mengalami kerusakan gigi dan penyakit gusi karena lokasinya yang sulit dijangkau untuk dibersihkan. Penyebab tumbuhnya gigi bungsu saat dewasa umumnya terkait dengan genetika. Perlu diketahui bahwa gigi bungsu yang tidak terlihat bukan berarti tidak tumbuh. Bisa jadi, gigi tersebut masih tertahan di dalam gusi dan hanya bisa dilihat melalui rontgen. Pada kasus yang jarang terjadi, gigi bungsu yang tidak tumbuh disebut impaksi yang berpotensi sebabkan berbagai masalah pada gigi dan mulut. Pada usia enam tahun, gigi geraham pertama akan tumbuh yang kemudian diikuti gigi geraham kedua pada usia 12 tahun. Gigi geraham yang terakhir atau biasa disebut dengan gigi bungsu tumbuh yang pada umumnya terjadi ketika berusia sekitar 10 tahun. Namun, gigi bungsu ini pertumbuhannya bisa berbeda dengan gigi geraham lainnya. Penyebabnya karena ukuran rahang seseorang berbeda-beda Ketika ruang pada rahang tidak mencukupi, gigi bungsu akan tumbuh secara abnormal sehingga menimbulkan rasa nyeri. Kondisi ini banyak terjadi pada usia 17-25 tahun

READ  Pengobatan pada Abses Gusi

Sumber: Hellosehat.com

[1] Sumber referensi Hellosehat.com