Apakah gigi gingsul perlu dihilangkan ?

Mempunyai gigi gingsul memang terlihat manis tetapi tahukah kamu bahwa gigi gingsul itu adalah merupakan sebuah kelainan . gigi gingsul termasuk salah satu jenis maloklusi gigi . maloklusi adalah suatu kondisi ketika gigi tidak tumbuh ditempat yang benar dan sejajar . Gigi gingsul tidak bisa tumbuh ditempat yang seharusnya karena rahang yang kecil membuat ukuran gigi terlalu besar sehingga tempat gigi lain terlalu sempit sehingga gigi tumbuh bergeser dari tempat yang seharusnya . fenomena gigi gingsul juga bisa terjadi akibat faktor keturunan . masalah yang disebabkan karena gigi gingsul banyak sekali tetapi sesuai dengan keadaan gigi gingsul per individu , seperti :

  1. Menghambat pertumbuhan gigi sampai tidak membuatnya tumbuh sama sekali sampai menimbulkan impaksi
  2. Menjadi cadel
  3. Gigi tidak dapat tumbuh dengan baik
  4. Terjadinya cedera gusi ketika mengunyah
  5. Posisi gigi sulit untuk dibersihkan sehingga terjadi kerusakan pada gigi
  6. Aktivitas makan menjadi terganggu karena rasa tidak nyaman
READ  Gigi bungsu tumbuh. Berikut penjelasannya.

 

Lalu apakah sebenarnya gigi gingsul perlu untuk dipertahankan ? atau bahkan lebih baik dihilangkan saja ? namun jika menurut saran dari medis lebih baik gigi gingsul yang tumbuh pada tempat yang tidak sesuai di mulut  lebih baik dihilangkan saja . namun itu kembali kepada kalian jika gigi gingsul sudah menyebabkan berbagai masalah diatas lebih baik gigi gingsul dihilangkan daripada dipertahankan sebab lama kelamaan akan menjadi masalah terhadap mulut seperti diatas . jika dilihat dari segi penampilan , kembali lagi pendapat terhadap gigi gingsul ini kembali pada selera individu masing masing. Cara untuk menghilangkan gigi gingusl mempunyai beberapa cara seperti , memakai behel atau kawat gigi . pada pemberian behel atau kawat gigi ini bisa dilakukan dengan atau tanpa mencabut gigi gingsul tersebut dan juga pemasangan kawat gigi Ini berguna untuk memperbaiki sera merapikan posisi pada gigi agar gigi sesuai dengan tempat tumbuhnya .

READ  Mengenal Penyakit Abses Gusi

Dilansir dari alodokter prosedur yang akan dilakukan jika terjadi pencabutan gigi sebelum pemasangan behel atau kawat gigi memiliki beberapa langkah yang akan dilakukan dokter. Dokter gigi akan menyuntikkan obat bius terhadap area gigi yang akan dicabut untuk menghilangkan rasa sakit ketika gigi akan dicabut . ketika selesai pencabutan gigi biasanya anda diperbolehkan pulang langsung kerumah dan pemasangan beheld an kawat gigi dilakukan setelah ara gigi yang dicabut sudah kembali pulih . biasanya diantara jangka waktu 7 sampai 14 hari . dokter biasanya akan memberikan pantangan apa saja yang tidak boleh dilakukan setelah pencabutan gigi agar dapat meringankan rasa sakit , menghindari terjadinya infeksi dan memprcepat proses penyembuhan , antara lain :

  • Setelah pencabutan , segera mengompres bagian gigi yang telah dicabut disarankan menggunakan es batu yang dilapisi handuk .
  • Setelah pencabutan ketika terjadi pendarahan pada gigi , gigit kain kassa yang akan diberikan dokter disertai dengan tekanan .
  • Setelah melakukan pencabutan gigi , hindari dan batasi aktivitas anda terutama yang berkaitan dengan gigi 1 sampai 2 hari
  • Mengonsumsi makanan yang bertekstur lembut
  • Tidak boleh merokok
  • Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang diberikan oleh dokter secara rutin
  • Berhati hati dan Hindari area gigi yang dicabut ketika kalian sedang menyikat gigi
  • Dilarang keras membuang ludah atau minum menggunakan sedotan setelah 24 jam pencabutan gigi
  • Berkumurlah dengan sampuran air hangat dan garam setelah 1 hari pencabutan gigi
READ  Lakukan beberapa hal berikut ini yang dapat mencegah terjadinya gigi berlubang pada diri kita

Sumbergambar:oktavita.com